Ganti Ejaan Baru

Anda pening bacanya?
Klik disini untuk ganti ke
Ejaan Baru

Thursday, December 17, 2009

Sekolah Batin Brian - Sekolah Kehidoepan

6 boelan laloe, anak saja Brian tamat TK dan mestinja masoek SD.
Problemnja, oemoernja beloem lagi 6 tahoen dan saja sepakat dengan istri oentoek tidak memaksakan dia masoek SD seperti kakaknja jang berangkat pagi poelang sore.
He was just too young to handle such activities
Djadinja, sembari menoenggoe tahoen depan, kami masoekkan dia ke seboeah SD negeri, tak djaoeh dari kompleks tempat kami tinggal.

Ada banjak SD negeri jang bagoes-bagoes – saja pertjaja itoe
Tapi karena toedjoeannja memang hanja oentoek mengisi waktoe, pilihannja djatoeh pada SD terdekat dari roemah kami.

Begitoe melihat fisik bangoenan SD itoe jang tjoekoep menjedihkan, awalnja saja sempat ragoe. Bisa beladjar apa dia dengan keterbatasan seperti itoe?
Tapi mengingat dia hanja akan berada koerang dari setahoen disitoe, apalagi tempatnja relative aman karena masoek lorong, no problem lah. Paling tidak Brian tidak bosen diroemah.

Alhasil…djadilah dia bersekolah di sana, meski sering diledekin kakaknja karena djam beladjarnja hanja koerang dari 2 djam sadja.
Setjara oemoem sih perhatian goeroenja memang tidak seintens perhatian goeroe disekolah kakaknja, tapi so far not bad lah.

Jang oenik adalah alat toelisnja jang hampir tiap hari berkoerang satoe.

Kemarin, saat saja tanjakan ke Brian, djawabannja soenggoeh menohok hati saja.
Ternjata alat toelis itoe diberikan ke teman-temannja!

Dari tjeritanjalah saja baroe tahoe bahwa teman-temannja sebagian besar berasal dari keloearga tak mampoe. Ada jang iboenja djadi pembantoe harian, ada jang bapaknja sopir angkot.

Istri saja jang tiap hari mendjempoet djoega tjerita kalaoe kadang ada dari iboe anak-anak lain jang oentoek beli beras poen bajarnja pakai koin semoeanja. Karena ternjata soeaminja polisi tjepek.

Fakta itoe bikin saja tersadar.
Betapa sering kita berinteraksi dengan mereka tanpa pernah berpikir bahwa mereka djoega orang toea jang poenja satoe doea anak diroemah jang mendjadi tanggoeng djawab mereka.
Seringkali kita djengkel terhadap polisi tjepek jang lagaknja kajak preman kampong tanpa melihat lebih djaoeh bahwa boleh djadi mereka begitoe karena poesing mikirin besok bisa beli beras ataoe ngoetang lagi.

Ahhhh..
Siapa sangka djoestroe disekolah koemoeh itoe, boekan hanja Brian – tapi djoega kami - jang bisa beladjar tentang kehidoepan.

1 comment:

  1. Hi mas.. Wah anaknya mas ini ternyata bagi2 alat tulis sama temen2nya ya..? Baiknya.. btw mau oot nih, gak capek mas nulisnya ala tempo doeloe gitu..? :D

    ReplyDelete