Ganti Ejaan Baru

Anda pening bacanya?
Klik disini untuk ganti ke
Ejaan Baru

Sunday, February 08, 2004

BARONESS ON FIRE!

Djangan boeroe-boeroe kaget doeloe batja djoedoel diatas! Baroness memang lagi 'on fire' tapi boekan kebakaran. Ada api jang menjala-njala memang Besar. Terang. Panas.
Dan berdesis seperti soeara kompor toekang nasi goreng jang soeka lewat kalo malam.
Tjoema ini dalam skala jang djaoeh lebih besar! Sampai terdengar menemboes ketebalan dinding metal rig kami. Besar sekali!. Karena soember energinja boekan sekedar 3-4 liter minjak tanah jang dipompakan ke dalam seboeah taboeng ketjil seperti milik si abang toekang nasgor itoe.
Jang disini energinja loear biasa dahsyat. Berdjoeta-djoeta ton minjak boemi jang tersimpan di dalam 'taboeng' peroet boemi! Dahsjatnja kekoeatan alam! Soebhanallah!

Proses bakar-bakaran ini namanja DST atawa Drill Stem Testing.Goenanja oentoek mengetahoei seberapa kaja soemoer jang baroe sadja kita gali, sebeloem melangkah ke proses prodoeksi jang berbiaja amat sangat tinggi itoe. Laik-tidaknja soemoer minjak itoe diprodoeksi bergantoeng dari hasil tes ini. Hasilnja bagoes berarti soemoernja lajak djoeal, djelek berarti ditinggal. Oesaha kita berminggoe-minggoe disini sama dengan nol. Dan kita mesti moelai dari awal lagi di lokasi jang baroe.

Tingkat keberhasilan pentjarian soemoer prodoektif memang bisa 1 berbanding 10. Dari 10 kali eksplorasi paling 1 kali kita nemoe soember jang bagoes. Djangan heran kalo harga minjak teroes melamboeng tinggi. DST ini malah mendjadi DST pertama bagi saja sedjak bergaboeng dengan mereka 8 boelan silam.
Pertanda betapa dalam 8 boelan, baroe sekali ini dirasa perloe mengoedji kekajaan isi soemoer kita. Selebihnja tanpa perloe DST kita akan berpindah dan mentjoba peroentoengan baroe.

Proses DST sendiri adalah proses berisiko tinggi. Wadjar sadja sebenarnja. Anak ketjil djoega taoe kalo didekat dekat materi moedah terbakar seperti minjak ataoe gas haram menjalakan api. Ini malah soemoer jang berisi minjak dan gas bertekanan kita bakar!
Karenanja rentjana evakuasi djaoeh hari soedah dibitjarakan. Doea kapal, Maersk Server dan Highland Guide stand by gak djaoeh dari Baroness, siap sewaktoe-waktoe oentoek mendekat mendjempoet krew kalo proses DST berlandjoet diloear kendali kita. Hari Sabtoe kemaren latihan abandon rig dilaksanakan.
Sekarang krew jang non esensial dipoelangkan, jang esensial namoen tak haroes bekerdja diloear kena 'tahanan roemah' di living quarter. Nelajan jang biasanja berkoempoel didekat rig dilarang mendekat siapa taoe ada jang 'poera-poera bego' lantas merokok diperahoenja. Jang pasti siperokok itoe akan langsoeng melihat bahaja merokok dengan mata kepalanja sendiri he he he.

Roemit?
Seperti itoelah prosesnja mendapatkan energi. Roemit memang!
Lantas kenapa gak dari sekarang kita moelai hemat energi?
Soedah!
Abis noelis komentar dan ngisi shoutbox disini, langsoeng matikan kompoeter anda!

No comments:

Post a Comment