Ganti Ejaan Baru

Anda pening bacanya?
Klik disini untuk ganti ke
Ejaan Baru

Friday, January 30, 2004

LIVING IN A BOX
Terpentjil Tapi Tidak Terkoetjil

Seorang teman ngirim imel ke saja nanjain gimana sih rasanja hidoep di rig?
Itoe pertanjaan oelangan ke 1234 jang mesti saja djawab tiap kali saja bilang dimana tempat kerdja saja.
Dan pasti akan njamboeng lagi dengan pertanjaan klasik selandjoetnja - jang lebih berbaoe pernjataan - wah sepi ja terkoetjil begitoe?

Biar saja gak mesti ngoelangin tjerita jang sama oentoek ke 1235 kalinja, sekalian adja deh saja posting disini biar kalo ada jang nanja -nanja lagi saja tinggal bilang:
"Mo taoe? Boeka adja di www.sisi-lain.blogspot.com".
Jah ....... itoeng-itoeng promosi blog sendiri he he he.

Begini tjeritanja: (lho kok malah seperti kismis?)

Andjoengan lepas pantai alias Offshore Rig tempat saja mentjari sesoeap nasi ini milik Diamond Offshore Drilling Inc. Namanja Ocean Baroness - jang terdjemahan bebasnja berarti Ratoe Laoet Selatan :)
Masoek ke perairan Indonesia sedjak Maret 2003 setelah dikontrak oleh Unocal Indonesia.
Rig ini djenis semisubmersible. Pertama kali dibangoen di Norway tahoen 1973 - tjoekoep lawas - tapi karena tahoen 2001 kemaren di-upgrade lagi di Keppel FELS singapore walhasil djadinja toea-toea kedondong makin toea makin kintjlong.
Dimensinja 347 ft kali 337 ft kali 128 ft. Luas helipadnja 84 ft kali 84 ft.
Rig ini loemajan tjanggih, mampoe beroperasi di laoet dalam (tapi di tambaknja hadji Jasin pasti gak bisa) sampai kedalaman laoet 6000 feet atawa koerang lebih 2000 meter. Daja ngebornja sampai kedalaman 35000 kaki (Inoel pasti kalah). Rig ini adalah rig pentjari minjak. Boekan rig prodoeksi. Djadi toegasnja tjoema sampai menemoekan minjak kemoedian berpindah lagi ke lokasi lain.

Djoemlah Krew-nja bervariasi - tergantoeng lagi ngerdjain apa - tapi maksimal 140 orang.

Living Quarter, tempat kita tinggal ada tiga lantai. Lantai satoe setiap kamar empat bed ditempati oleh para Roustabout, jang bertoegas ngangkat-ngangkat barang - bisa ditebak - semoeanja orang Indonesia, Roughneck atau istilah lainnja Floorhand, jang bertoegas di tempat pengeboran - djoega orang kita semoea serta para Catering Crew.
Di lantai doea djadi tempat istirahat service company, peroesahaan pihak ketiga jang dikontrak oentoek membantoe proses pengeboran. Mereka adalah para engineer dari Schlumberger Anadrill, Dowell cementer, Oceaneering, MI, Geoprolog, Brandt, BJ tubular, Halliburton, Baker Hughes dan lain-lain. Separohnja Expatriat separoh lagi Indonesia.
Di lantai tiga - sekamar berdoea - tempat para krew Diamond Offshore dan Unocal. Bersebelahan kamar dengan saja - disisi kiri - adalah Unocal Drilling Foreman, jang djadi big boss disini. Karena operasi pengeboran ini dibiayai Unocal makanja dia diseboet djoega CompanyMan. Disisi kanan kamar saja adalah kamar OIM atau Offshore Instalation Manager, bos besarnja Diamond di sini. Ada lagi Rig Superintendent, Barge Master, Tool Pusher, Driller, Electrician, Mechanic Technician, Electronic Technician, Sub Sea Engineer, SafetyMan jang semoeanja dari Diamond, Djoega Night Companyman (kita kerdjanja nonstop siang-malam) dan Geologist dari Unocal. Hampir semoea penghoeni lantai tiga adalah expatriat ketjuali saja dan Liason Officer - wakil pemerintah Indonesia - perwira dari TNI AL jang bertoekar setiap 7 minggoe.

Karena Ocean Barones bekerdja dilaoet dalam, lokasi kita oemoemnja djaoeh dari pantai. Posisi sekarang perloe waktoe satoe djam naek chopper ataoe lima djam naek boat oentoek bisa ke sini. Djaoeh memang. Terpentjil!. Tapi sjoekoerlah tidak terkoetjil. Kita bisa tetap berhoeboengan dengan 'doenia loear' lewat telepon, internet. Barangkali kalo ada jang terasa hilang hanjalah si abang toekang koran jang nimpoek kita pake koran tiap hari. Dan pastinja toekang ketoprak jang tiap pagi rame ngetok-ngetok pantjinja di depan roemah.

Soal makanan - njeboet ketoprak langsoeng inget makanan - berlimpah roeah disini. Selaloe ada doea djenis, western food dan national food. Djadwal makan 4 kali sehari. Djam 5 sampai 7 pagi, 11 sampai 1 siang, 5 sampai 7 malam dan 11 sampai 1 dinihari. Diantaranja - djam 9-10 pagi, djam 3-4 sore, djam 9-10 malam dan djam 3-4 dinihari - diisi dengan coffee break. Djangan heran kalo tiap kali kesini berat badan saja nambah 3 kilo! Oentoengnja balik ke roemah - ketemoe ketoprak lagi - bisa toeroen 2-3 kilo :)

Hiboeran - biar gak bete - dikasih Indovision dan selaloe disuplai dengan pilem-pilem DVD terbaroe. Tapi karena beberapa krew soeka bawa pilem biroe akhirnja tetap adja bete alias birahi tinggi :p
(Oohh I Love the Blue of Indonesia he he he . . . . . )

Bete jang belakangan diseboet sebenarnja memang wadjar-wadjar sadja. Djadwal kerdja sebagian besar krew disini adalah 4-4. 4 minggoe di rig 4 minggoe off. Dan mereka semoeanja adalah pria dewasa normal.
Tinggal gimana penjelesaiannja.
Jang fisiologis dan religioes sih bisa dengan tjara berolah raga. Pihak Rig menjadari itoe dan memfasilitasi dengan satoe roeang fitness.
Tjara lain?
Tiap minggoe kita dapat stok saboen jang banjak he he he
Ini sih boeat mandi tapi kalo mo dipake lain ?
Seperti kata iklan:
Selandjoetnja terserah anda he he he.